Seperti tahun lalu dimana mereka meluncurkan Civic Type-R di GIIAS 2017, kali ini Honda Prospect Motor kembali memeriahkan gelaran GIIAS 2018. Mereka baru saja meluncurkan generasi terbaru dari city car mereka, siapa lagi kalau bukan Honda All New Brio.
Ya, Honda All New Brio yang sebenarnya kami lebih suka ia dipanggil sebagai New Brio dengan artian hanya sekedar facelift. Tapi ada beberapa perubahan yang membuatnya menjadi pantas disebut sebagai All New. Perubahan-perubahan yang membuatnya semakin menarik, dan tentunya lebih fungsional.
Perubahan besar-besaran terdapat pada bagian luar dari Honda All New Brio, baik itu pada model  LCGC Satya dan model RS. Di bagian depannya, kap mesin, lampu depan, dan grill-nya berubah mengikuti desain Honda New Mobilio. Lalu untuk bagian sampingnya, perubahan terlihat pada bentuk bodi dari sisi tengah sampai belakang yang menggunakan desain baru. Selain itu, untuk model Satya desain velg-nya berubah menjadi model palang 9.
Dan perubahan paling menarik dari All New Brio ini terdapat pada bagian belakangnya. Kini ia sudah tidak lagi berdesain datar, rata, dan full kaca. Bentuknya lebih berlekuk dengan pintu bagasinya yang sudah menggunakan pelat besi, desain lampu kombinasi yang baru, dan desain bumper yang baru. Dan khusus tipe RS, bagian bumpernya mendapatkan aksen difusser yang menambah kesan sporty.
Sayangnya desain barunya ini lumayan mengundang kontroversi. Ada yang mengeluh soal desain depannya yang sangat mirip dengan Mobilio, bagian belakang yang bentuknya terkesan  aneh, serta desain keseluruhan yang tidak berdasarkan pada riset dan pengembangan baru.
Berlanjut ke bagian interiornya, desainnya hampir tidak berubah dari model sebelumnya. Hanya detail-detail penambahan kenyamanan saja yang disegarkan seperti desain trim pintu, aksen karbon pada dasbor, dan headrest untuk penumpang belakang. Oh ya, khusus untuk model RS menggunakan kursi depan dengan headrest yang terpisah, interior berwarna hitam, dan beberapa panel berwarna merah di dasbor.
Untuk urusan fitur dan performa, All New Brio tidak memiliki perbedaan dengan model sebelumnya. Hal inilah yang menjadi alasan keluhan para konsumen. Dan berbicara tentang harganya, sampai saat ini Honda Prospect Motor belum mengumumkan berapa banderol untuk All New Brio. Tapi kami yakin kenaikannya berkisar dari angka 5 juta sampai 10 juta rupiah. (iia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *